Mengatur Ukuran dan Intensitas Menyiram Bibit Durian Musang King


Bibit Durian,- Merawat bibit durian Musang King butuh usaha yang keras agar bibit bisa tumbuh dengan kuat dan berbuah lebat. Hal utama yang menjadi perhatian dalam bubidaya durian adalah perbedaan tanaman ini dengan tanaman lain. Karakter sensitif bibit durian Musang King yang mesti diingat adalah lemah terhadap genangan air. Oleh karena itu perlu pengeaturan yang baik agar bibit durian Musang King bisa tumbuh. Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam merawat bibit durian Musang King.

Menyesuaikan Intensitas Siraman dengan Usia Bibit Durian

Tiap usia bibit yang berbeda membutuhkan jumlah air yang berbeda pula. Untuk bibit durian Musang King usia awal kebutuhan air akan terpenuhi dengan melakukan penyiraman dua kali sehari yakni pada pagi dan sore. Semakin bibit durian Musang King bertambah usia, intensitas penyiraman semakin sedikit. Di usia 1 bulan, penyiraman hanya dilakukan 3 kali dalam satu minggu. Melebihi ukuran itu justru membuat bibit tidak tumbuh normal sebab kelebihan air.

Ukuran Air Untuk Menyiram

Tiap menyiram, ukuran air adalah hal yang perlu diperhatian dengan saksama. Untuk bibit durian Musang King, ukuran siraman air yang dibutuhkan setiap kali adalah 2 liter saja. Hal ini berbeda dengan ketika bibit durian yang telah mulai berbuah atau dalam mada berbuah, yang perlu siraman dalam ukuran 4-5 setiap kali siram. Alasannya adalah kebutuhan air yang dibutuhkan oleh pohon durian yang sedang berbuah naik karena pohon dalam masa memaksimalkan pertumbuhan buahnya.

Penyiraman Pasca Panen

Kebutuhan air dari durian kembali berubah setelah masa panen terjadi. Untuk ukuran siraman air pasca masa panen sebaiknya Anda memberi asupan air antara 8-10 liter sekali siram. Perlu diketahui bahwa kondisi pohon durian setelah selesai masa berbuah ini biasanya agak kering karena di masa berbuah pohon durian memfokuskan pengolahan energi untuk berbuah. Sehingga setelah masa berbuah pohon butuh asupan air lebih untuk kembali normal.
Itulah beberapa hal yang mesti Anda perhatikan ketika merawat pohon durian dari bibit hingga masa setelah panen. Catatan yang perlu diperhatikan adalah jangan sampai air siraman menggenangi pangkal bibit durian Musang King.

Comments

Popular posts from this blog

Durian Bawor Sangat Cocok Untuk Ditanam di Daerah Pegunungan

Inilah Ciri-ciri Bibit Durian Bawor yang Perlu Anda Tahu