Tips Memilih Bibit Durian Bawor yang Bagus



Kita tahu bahwa durian bawor adalah salah jenis durian yang sangat digemari di Indonesia. Itu karena rasanya yang enak dan ketahanan pohonnya yang tangguh. Maka wajar saja jika banyak yang berminat untuk memiaranya. Untuk diketahui durian bawor adalah jenis durian hasil pengembangan dari Banyumas. Dengan menggunakan metode penyambungan batang durian jenis ini menggabungkan jenis montong orange sebagai pucuk dengan pangkal batang dari durian jenis sehingga memnghasilkan buah yang enak dengan pohon yang kuat.
Oleh karena itu tidak semua orang bisa mengembangkan bibit durian bawor sendiri. Jalan mudah yang bisa dilakukan adalah dengan membeli ke toka tananaman atau agen penjual bibit pertanian. Untuk itu, anda yang berniat membeli sebaiknya memperhatikan dengan saksama bibit durian bawor yang hendak anda tanam. Beberapa ciri-ciri bibit durian bawor yang bagus adalah sebagai berikut.

Batang Bibit yang Lurus

Pertama, perhatikan batang bibit durian. Batang yang lurus adalah yang paling bagus untuk ditanam. Hal ini menampakkan kesuksesan dan kesempurnaan dalam penyambungan batang. Sehingga diperoleh batang yng kuat dimana akan menopang pertumbuhannya karena mmpu menyalurkan nutrisi yang diserap akar ke ranting dan daun.

Usia Bibit Minimal 6 Bulan

Kedua, usia yang bibit yang sudah bisa ditanam lebih dari enam bulan. Ciri-ciri yang Nampak adalah persambungan batang berjarak sekitar 10 cm. kurang dari kisaran itu sangat tidak disarankan untuk ditanam. Karena kemungkinan keberhsilannya belum terjamin sepenuhnya. Adapun ukuran standar yang bagus untuk batangnya adalah kisaran garis lingkarnya 1 cm.

Daun Bibit Durian yang Lebat

Ketiga, daun yang tumbuh sudah lebat. Ukuran lebat untuk bibit durian kisaran 1 tahun adalah 8-10 helai daun. Kerimbunan 8-10 daun telah cukup untuk menopang pertumbuhan bibit durian bawor untuk ditanam di tanah lapang. Pastikan juga daun yang tumbuh hijau dan tidak berlupang. Hal ini untuk memastikan ketiadaan hama yang menjangkiti bibit durian bawor.
Dengan memperhatikan tiga unsur di atas anda setidaknya telah mendapat gambaran bagaiamana memilih bibit durian bawor yang bagus. Untuk lebih jelasnya mintalah keterangan penjual terkait usia bibit. Akan lebih baik jika usia berada di kisaran 1-2 tahun. Itu akan lebih menjamin bibit tumbuh dengan baik.  

Comments

Popular posts from this blog

Durian Bawor Sangat Cocok Untuk Ditanam di Daerah Pegunungan

Inilah Ciri-ciri Bibit Durian Bawor yang Perlu Anda Tahu

Mengatur Ukuran dan Intensitas Menyiram Bibit Durian Musang King