Tata Cara Okulasi Bibit Durian Musang King


Bibit Durian,- Ada dua metode utama untuk mengembangkan bibit durian, yaitu generatif dan vegetatif. Budidaya generatif adalah cara pembuatan bibit durian secara tradisional dengan menanam biji durian yang sudah tua secara langsung. Sedang pengembangan vegetatif dilakukan dengan okulasi dan cangkok batang dari durian yang sudah dewasa atau berbuah. Untuk budidaya okulasi, ada beberapa langkah yang mesti dilakukan.

Memilih Bakal Bibit Durian Musang King

Karena kita hendak membudidayakan bibit durian Musang King, yang perlu kita punya adalah pohon durian Musang King yang sudah berbuah. Untuk bakal bibit ini usahakan dari pohon yang tumbuh dengan baik, berbuah lebat dan enak, serta tidak terserang hama. Hal ini perlu diperhatikan karena bakal bibit durian yang berpenyakit dan berbuah kurang bagus akan berpengaruh terhadap bibit durian yang akan kita kembangkan.

Memilih Bakal Pokok yang Tepat

Langkah berikutnya adalah dengan mencari bakal bibitdurian kedua yang akan disambungkan dengan bibit durian Musang King yang telah disiapkan di atas. Untuk bibit durian kedua ini yang paling utama adalah ketahanan dan kekuatan batangnya. Biasanya pengembang mengambil jenis durian lokal yang lebih murah harganya. Setelah mendapatkan bibit durian dengan kriteria yang pas, semailah benih hingga berumur sekitar setahun.

Menyambung Dua Batang Bibit Durian yang Telah Disiapkan

Langkah terakhir yang perlu Anda lakukan adalah mengokulasi kedua bibit yang telah disiapkan. Ambillah sebatang dahan dari pohon Musang King yang hendak Anda jadikan bibit. Sebelum memotong, samakan dulu ukurannya dengan batang durian lokal. Setelah itu potonglah dahan dengan bentuk lancip dan pipih agar mudah disambungkan dengan pangkal.
Untuk pangkal bibit durian Musang King, potonglah batang pada ketinggian sekitar 10 cm. Potongan bisa berbentuk cacah, sehingga mudah menyambung dengan batang atas. Setelah menyambungkan, ikat sambungan secara kuat agar tidak bergeser. Sambungan ini biasanya akan terlihat hasilnya setelah 10 kemudian. Jika setelah sepuluh hari daun tidak layu dan tumbuh daun baru, tandanya Anda telah berhasil mengokulasi bibit durian Musang King.

Comments

Popular posts from this blog

Durian Bawor Sangat Cocok Untuk Ditanam di Daerah Pegunungan

Inilah Ciri-ciri Bibit Durian Bawor yang Perlu Anda Tahu

Mengatur Ukuran dan Intensitas Menyiram Bibit Durian Musang King