Menyiapkan Lahan Budidaya Bibit Durian Monthong


Bibit Durian,- Pengaturan lahan yang baik dibutuhkan oleh bibit durian Monthong saat bibit durian hendak dipindah dari polybag atau bedengan. Tujuannya untuk membantu adaptasi bibit durian Monthong agar bisa tumbuh secara subur. Beberapa hal perlu dilakukan untuk menciptakan lahan yang ideal guna menopang pertumbuhan bibit durian Monthong yang Anda pindah.

Membersihkan Rumput dan Gulma

Kondisi ideal pertama untuk bibit durian yang baru dipindah adalah tidak adanya tanaman lain yang mengganggu bibit durian Monthong memperoleh makanan. Hal pertama yang mesti  dilakukan adalah membersihkan lahan yang akan ditanami dari rumput liar dan gulma. Jika lahan terlampau luas untuk memangkas seluruh rumput dan gulma, Anda bisa memfokuskannya pada titik lahan yang akan ditanami bibit durian Monthong. Bersihkan titik tersebut dalam kisaran 1 sampai 1,5 meter persegi. Hal ini akan sangat membantu adaptasi awal bibit durian Monthong yang baru pindah ke lahan terbuka.

Menyingkirkan Pohon yang Lebih Tinggi

Bibit durian Monthong sangat membutuhkan sinar matahari secara konstan untuk menopang pertumbuhannya. Sehingga langkah penting yang perlu Anda lakukan sebelum memindah bibit durian Monthong ke lahan terbuka adalah dengan memangkas atau menebang pohon lain yang lebih tinggi di sekitarnya. Karenanya akan lebih baik jika bibit durian Monthong ditanam di lahan terbuka yang gundul. Selain itu hal yang perlu Anda perhatikan adalah keberadaan bangunan di sekitar yang bisa menghalangi sinar matahari. Jika lahan yang Anda miliki berada di pemukiman, hindarkanlah titik penyemaian bibit durian Monthong dari naungan bangunan sekitar.

Menanam Bibit di Permukaan Tanah

Langkah terakhir lebih bersifat kiat saja agar pertumbuhan bibit dapat cepat besar. Sebelum memindah bibit durian Monthong, galilah dulu lubang yang akan disemai bibit. Biarkan galian tanahnya terpapar sinar matahari selama tiga hari. Setelah itu kembalikan tanah galian kembali ke lubang. Hal ini berfungsi untuk membunuh bakteri dan menyuburkan tanah. Setelah itu tanamlah bibit dipermukaan dengan menguburnya seperti gunungan. Ini akan membantu akar segera tumbuh.

Comments

Popular posts from this blog

Durian Bawor Sangat Cocok Untuk Ditanam di Daerah Pegunungan

Inilah Ciri-ciri Bibit Durian Bawor yang Perlu Anda Tahu

Mengatur Ukuran dan Intensitas Menyiram Bibit Durian Musang King