Mengetahui Asal-usul dari Bibit Durian Bawor



Tak bisa dipungkiri bahwa durian bawor adalah durian yang sangat digemari orang di Indonesia. Ini terasa wajar karena durian bawor yang punya rasa sangat enak. Selain itu durian bawor juga mudah didapat di kios-kios buah lingkungan desa dan kota. Ini tak terlepas dari banyaknya petani yang menanam durian jenis bawor. Bibitdurian bawor juga bisa diperoleh dengan mudah. Terutama sebab durian jenis ini banyak dibudidayakan di daerah Jawa Tengah.

Berasal  dari Banyumas

Barangakali tidak banyak yang tahu bahwa durian bawor berasal  dari Banyumas. Yaitu kabupaten yang terletak di sebelah baratdaya Semarang. Kondisi wilayah ini secara garis besar berupa pegunungan dengan cuaca tropis basah. Hal ini sebab banyumas yang sebagian besar terdiri pegunungan dengan gunung utama adalah gunung Slamet. Di daerah sana banyak terdapat sentra pengembangan durian bawor.

Hasil Metode Penyambungan dua Jenis Bibit Durian

Keunggulan durian bawor yang terkenal  selain rasanya yang enak adalah ukurannya yang besar, beratnya bisa mencapai 15 kilogram per buah. Hal ini didapatkan dari penyambungan dua bibit unggul durian. Metode yang digunakan adalah vegetatif, yakni menyambung dua jenis bibit unggul untuk mendapatkan jenis baru yang lebih kuat dan menghasilkan buah  yang enak. Metode ini disebut “Sarakapita”.
Keunggulan utama dari okulasi “Sarakapita” adalah hasilnya yang mampu memperoleh jenis durian dengan rasa baru. Pertumbuhan jenis durian bawor akan lekas besar. Karena pucuk pohon yang disambung telah menghasilkan buah. Dengan menyambungkan  jenis pokok yang kuat, durian bawor  tidak mudah roboh pohonnya.

Perawatan yang Lebih Mudah

Keunggulan durian bawor selanjutnya adalah kemudahannya untuk dirawat. Hal ini tentu memudahkan siapa saja yang hendak melakukan budidaya durian bawor. Sebagaimana telah disebutkan di atas, kemudahan ini didapat dari penggabungan jenis durian yang berbatang tangguh dengan yang berbuah  enak. Untuk itu bagi Anda yang tertarik untuk budidaya durian, jenis durian bawor adalah salah satu yang sangat disarankan. Dengan buah yang besar dan enak, selain ketangguhan jenisnya, hasil panen yang menjanjikan akan dihasilkan oleh durian bawor.

Comments

Popular posts from this blog

Durian Bawor Sangat Cocok Untuk Ditanam di Daerah Pegunungan

Inilah Ciri-ciri Bibit Durian Bawor yang Perlu Anda Tahu

Mengatur Ukuran dan Intensitas Menyiram Bibit Durian Musang King