Langkah-langkah Mengokulasi Batang Bibit Durian Bawor


Bibit Durian Bawor dalam artikel sebelumnya kita telah membahas beberapa persiapan untuk okulasi. Kali ini saya kan membahas praktis okulasi bibit durian bawor. Untuk itu, pastikan dulu bahwa batang yang akan Anda okulasi cukup lurus dan kuat. Selain itu sebisa mungkin ukuran batang yang menjadi calon pokok berukuran sama. Hal ini berguna untuk membantu keseimbangan bibit durian bawor saat tumbuh. Perbedaan ukuran pangkal akan membuat pertumbuhan jadi tidak seimbang nantinya.

Ukuran Batang yang Ideal untuk Diokulasi

Ukuran standar batang yang bisa diokulasi adalah 1 cm. Biasanya bibit durian akan mencapai ukuran ini setelah berumur 8 hingga 10 bulan. Setelah memastikan ukuran lingkar batang bibit, sayatlah batang di kisaran tinggi 20 cm dari permukaan tanah. Ukuran sayatan berlebar sekitar 2 sampai 3 cm. Sayatan dibuat agak runcing, menyerupai lidah. Buatlah sayatan yang serupa untuk tiap bakal pangkal bibit durian yang akan diokulasi.

Menyayat Serupa Perisai untuk Ujung Bibit Durian Montong

Penyayatan serupa perisai dilakukan agak bakal ujung bibit dapat tersambung dengan baik dengan pangkalnya. Setelah memastikan penyambungan batang rapi, ikatlah batang dengan tali sehingga tidak mudah lepas. Untuk lebih amannya, sisipkan batang penyangga agar penyambungan batang tidak mudah bergeser. Kegagalan dalam tahap ini akan berisiko okulasi yang Anda lakukan gagal.

Memastikan Keberhasilan Okulasi

Cara memastikan keberhasilan okulasi adalah dengan melihat penyambungan batang yang Anda lakukan setelah dua minggu kemudian. Jika penyambungan berwarna hijau, maka okulasi yang Anda lakukan berhasil. Namun jika penyambungan berwarna coklat atau mengering, maka kemungkinan besar okulasi Anda gagal.
Itu beberapa tahap yang mesti Anda lakukan untuk membudidayakan bibit durian bawor dengan cara okulasi. Selain langkah-langkah tersebut, hal lain yang perlu Anda perhatikan adalah biji bibit yang Anda tanam telah tua dan matang. Karena ini akan mempengaruhi bakal bibit yang akan Anda gunakan untuk diokulasi. Penyiraman secara berkala juga mesti diperhatikan untuk memastikan okulasi Anda berhasil. Dengan memperhatikan beberapa detail kecil tersebut semoga pembudidayaan bibit durian bawor Anda berhasil dengan baik.

Comments

Popular posts from this blog

Durian Bawor Sangat Cocok Untuk Ditanam di Daerah Pegunungan

Inilah Ciri-ciri Bibit Durian Bawor yang Perlu Anda Tahu

Mengatur Ukuran dan Intensitas Menyiram Bibit Durian Musang King