Durian Musang King Lebih Cocok Ditanam di Daerah Rendah


Bibit Durian,- Ketika bibit durian Musang King mulai masuk ke Indonesia satu dekade silam, permintaan bibit durian ini kini naik secara drastis pada beberapa tahun-tahun terakhir. Naikny apermintaan ini disebabkan beberapa karakteristik bibit durian Musang King yang memberi keuntungan untuk petani secara lebih luas. Di antara beberapa keuntungan itu adalah sebagai berikut.

Bibit Durian Bisa Ditanam di Daerah Rendah

Hal menarik yang menjadikan bibit durian Musang King menjadi buruan para petani yang hendak membudidayakan durian jenis ini adalah kemampuannya yang bisa hidup di daerah rendah. Ini berbeda dengan umumnya bibit durian yang lebih cocok hidup di daerah tinggi atau pegunungan. Akibatnya ladang di daerah rendah yang dulunya tidak bisa ditanami durian menjadi bisa ditanam jenis bibit durian Musang King. Ceruk baru inilah yang kini banyak memburu bibit durian dari Malaysia ini.

Tahan Terhadap Sinar Matahari

Salah satu kerentanan utama bibit durian adalah kelemahannya akan terik matahari. Hal ini tidak berlaku untuk bibit durian Musang King. Sebagai varian durian, jenis Musang King justru membutuhkan intensitas panas matahari yang penuh. Sehingga ia akan cocok ditanam di sebagian besar daratan Indonesia. Inilah yang coba dimanfaatkan oleh petani yang selama ini lahannya tidak terlalu cocok ditanami bibit durian.

Bibit Durian Musang King Cocok dengan Suhu Udara Panas

Keuntungan berikutnya dari menanam bibit durian Musang King adalah kemampuannya yang bisa hidup di wilayah dengan suhu panas. Ketika ditanam di daerah rendah yang kebanyakan bersuhu panas, tentu saja bibit durian jenis ini bisa tumbuh tanpa masalah.
Selain tiga alasan tersebut ada juga keuntungan lain menanam bibit durian Musang King yaitu menelan biaya yang relatif rendah. Biaya tambahan yang biasa dikeluarkan untuk membuat atap atau penutup agar bibit durian terhindar dari panas matahari secara langsung tidak lagi diperlukan. Karena itu menanam bibit durian Musang King jelas lebih memberikan keuntungan secara materiil bagi pembudidaya bibit ini yang bertujuan untuk produksi secara massal.

Comments

Popular posts from this blog

Durian Bawor Sangat Cocok Untuk Ditanam di Daerah Pegunungan

Inilah Ciri-ciri Bibit Durian Bawor yang Perlu Anda Tahu

Mengatur Ukuran dan Intensitas Menyiram Bibit Durian Musang King