Menjaga Jumlah dan Intensitas Penyiraman untuk Bibit Durian


Budidaya bibit durian jelas memerlukan usaha yang keras dan teliti. Hal ini disebabkan sensitifnya bibit durian dengan hal seperti genangan air, sinar matahari, dan suhu panas. Tulisan ini akan membahas salah satu dari tiga hal tersebut. Yaitu cara menjaga agar bibit durian mendapat siraman air yang cukup. Karena tanpa siraman air yang cukup bibit durian tidak mampu tumbuh dengan baik. Begitu juga jika terlalu banyak disiram air bibit durian tak bisa tumbuh dengan baik. Bahkan kebanyakan air yang bisa membusukkan akar bibit durian sehingga bibit durian mati.

Menyiram Sesuai dengan Usia Bibit Durian

Beda usia bibit membutuhkan asupan air yang berbeda. Untuk tahap awal penyemaian bibit durian, penyiraman bisa dilakukan saat pagi dan sore. Dengan catatan jangan sampai air siraman Anda menggenang di polybag. Semakin bibit durian bertambah usia, intensitas penyiraman semakin sedikit. Di usia 1 bulan, penyiraman hanya dilakukan 3 kali dalam satu minggu. Melebihi ukuran itu justru membuat bibit tidak dapat tumbuh karena kelebihan air.

Jumlah Air yang Diperlukan


Jumlah penyiraman perlu diperhatian juga. Untuk durian yang tidak dalam masa berbuah, siraman air yang dibutuhkan bibit durian adalah kisaran 4-5 liter saja per hari. sedangkan untuk durian yang sedang dalam masa berbuah membutuhkan sekiranya dua kali lipat dari biasanya. Hal ini dikarenakan kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan saat berbuah lebih banyak. Ini dilakukan juga untuk mendapatkan hasil buah yang maksimal.

Penyiraman Setelah Masa Panen

Kadar berbeda dibutuhkan oleh durian setelah masa panen. Karena di masa berbuah pohon durian memfokuskan pengolahan energi untuk berbuah, maka setelah masa berbuah usai pohon membutuhkan asupan air lebih agar bisa kembali normal. Untuk itu setelah masa pohon durian berbuah disarankan untuk memberi siraman air berlebih dari biasanya. Hal ini dilakukan tetap dengan catatan jangan sampai tergenang air dipangkalnya. Itulah beberapa hal yang mesti Anda perhatikan ketika merawat pohon durian dari bibit hingga masa setelah panen.

Comments

Popular posts from this blog

Durian Bawor Sangat Cocok Untuk Ditanam di Daerah Pegunungan

Inilah Ciri-ciri Bibit Durian Bawor yang Perlu Anda Tahu

Mengatur Ukuran dan Intensitas Menyiram Bibit Durian Musang King